Minggu, 11 Februari 2018

Hijauan Makanan Ternak Rumput Benggala dan Rumput Gajah

Gambar Rumput Benggala/ Panicum maximum

HMT atau hijauan makanan ternak adalah hijauan atau rumput-rumputan yang memiliki angka kecukupan gizi yang tepat untuk ternak ruminansia, tidak semua rumput dapat dikategorikan hijauan makanan ternak. Untuk itu peternak perlu menanam sendiri rumput-rumput unggul yang dikategorikan sebagai HMT tersebut. Beberapa jenis HMT ini ada yang berasal dari Indonesia dan banyak juga yang didatangkan dari luar negeri dan dikembangakan di Indonesia. 

Pakan adalah sumber gizi bagi ternak dan pakan ini merupakan kebutuhan primer satu-satunya pada ternak berbeda dengan manusia yang memiliki tiga kebutuhan primer, Pakan ini berguna untuk pertumbuhan serta produksi. Pakan yang bisa dikategorikan HMT adalah rumput atau hijauan yang memiliki nilai kandungan gizi yang cukup sesuai kebutuhan ternak khususnya ruminansia. Secara garis besar pakan ternak ruminansia bisa dibedakan menjadi dua yangni pakan serat dan pakan penguat, pakan serat ini diataranya dalah rumput (HMT) dan penguat adalah konsetrat. HMT sebaiknya dipotong pada usia yang tepat, sebab jika Hijauan makan ternak tersebut terlalu tua maka kualitasnya akan semakin buruk. 

Beberapa rumput unggul yang dapat diguanakan untuk hijauan makanan ternak ruminansia Rumput Benggala atau bahasa latinnya Panicum maximum.

Gambar rumput raja/ rumput gajah

ciri-cri rumput ini diantaranya: Tingginya dapat mencapi 2 meter, berbulu dan disukai oleh ternak. Rumput Gajah atau bahasa latinnya Pennisetum purpureum, dengan ciri-ciri yang hampir sama dengan rumput benggala hanya saja daun rumput gajah lebih lebar serta bulu yang lebih sedikit Setaria rumput ini lebih pendek dari kedua rumput diatas, kelebihan dari rumput ini mudah dibudidaya pada daerah kering sekalipun dan sangat disukai oleh ternak. Rumput raja atau sering juga disebut dengan kingres, rumput ini mirip dengan rumput gajah hanya saja rumput raja ini memiliki bulu yang lebih sedikit daripada rumput gajah dan tidak berbunga. Cara menyesuaikan penanaman Hijauan makan ternak ini dengan mauknya ternak ke kandang atau perenakan harus di perhatikan, sebaiknya sebelum ternak dimasukkan ke peternakan rumput sudah ditanam sebulan sebelumnya sehingga ketika ternak (sapi, kerbau atau kambing) masuk ke peternakan peternak tidak kebingungan lagi mencari makan untuk ternak mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang, terimakasih sudah berkunjung.
Mohon gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Jika ingin minta data postingan ini, silahkan chat pada kolom yang disediakan.

Terimakasih

Popular Posts

Arsip Blog

Definition List

Unordered List

Support