Minggu, 17 Januari 2016

BAHAN PAKAN DAN FORMULASI RANSUM


Baiklah kawan-kawan sekalian :D
Pada awal pertemuan saya shere tentang kumpulan soal mata kuliah TEKNOLOGI REPRODUKSI TERNAK, nah sekarang saya shere tentang kumpulan soal Bahan Pakan dan Formulasi Ransum !!!
Bagi kawan-kawan yang mengambil mata kuliah Bahan Pakan dan Formulasi Ransum, mungkin soal yang saya shere ini bermanfaat bagi kawan-kawan sekalian.
Biar gak lama-lama, silahkan dibaca kawan-kawan !!! JJJ

Soal ujian Akhir semester gasal tahun akademik 2015/2016
Mata kuliah                  : BAHAN PAKAN DAN FORMULASI RANSUM

Soal A

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan FEED ADDITIVES.
2.  Feed Aditif dapat digolongkan menjadi 2 macam, yaitu NUTRITIVE FEED ADDITIVES dan NON NUTRITIVE FEED ADDITIVES. Terangkan pengertian keduanya.
3.     Antibiotik dan Probiotik merupakan Feed Aditive yang diberikan pada ternak. Sebutkan peranan dan contoh dari masing-masing Feed Aditif tersebut.

Soal B

1.      Susunlah ransum kambing perah dengan berat badan 30 kg berproduksi 1 liter/hari dengan kadar lemak 3%, kambing diberi pakan hijauan terdiri dari bungkil kelapa dan dedak. Kandungan protein rumput 9,6% dengan BK 21% sedangkan gamal dengan kandungan protein 25,2% dan BK 13,1%. Dedak mengandung protein 13% dengan BK 85,7% bungkil kelapa mengandung protein 21,2% dan BK 87,9%. Berapakah bungkil kelapa dan dedak yang harus diberikan pada ternak ?
2.    Susunlah ransum untuk kambing yang sedang bunting 6 minggu dengan bobot badan 50 kg. Pakan yang tersedia adalah dedak padi, rumput gajah, rumput ilalang, tetes, dan jerami padi segar.
3.      Susunlah ransum untuk domba yang sedang bunting 6 minggu dengan bobot badan 50 kg. Bahan pakan yang tersedia adalah rumput lapangan, dedak padi, dan daun lamptoro.
4.   Susunlah ransum untuk domba penggemukkan dengan berat badan 30 kg dengan PBBH 50 gram/hari. Sedangkan bahan pakan yang tersedia adalah rumput benggala dan daun nangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang, terimakasih sudah berkunjung.
Mohon gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Jika ingin minta data postingan ini, silahkan chat pada kolom yang disediakan.

Terimakasih

Popular Posts

Definition List

Unordered List

Support