Kamis, 11 Januari 2018

Manfaat Ikan Nila Bagi Tubuh


Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang kaya sekali kandungan gizinya. Ikan ini hampir mirip denggan ikan mujair, bahkan saya sendiri sangat kesulitan sekali untuk membedakannya. Tidak hanya betuknya saja, rasa ikan nila ini juga hampir mirip dengan ikan mujair. Manfaat ikan nila ini juga tidak kalah dengan ikan ikan yang lain.

Ikan nila ini banyak ditemui diperairan air tawar seperti sungai dan berarus deras. Namun sekarang ikan nila sudah cukup banyak ditemui di pasar ataupun swalayan. Budidaya ikan nila pun tergolong mudah, sehingga tidak sulit untuk mencari jenis ikan yang satu ini.

Ikan nila ini juga dapat dijadikan berbagai jenis masakan yang rasanya sangat lezat. Mulai hanya sekedar digoreng, dikukus atau dibakar. DIberbagai rumah makan juga sudah banyak yang menyediakan menu ika nila ini. Jadi untuk sobat yang tidak sempat memasak namun ngin mencicipi ikan ini, sobat bisa datang ke tempat tempat makan yang tersebar di daerah sobat.
Manfaat Ikan Nila Bagi Kesehatan
Beberapa daftar manfaat ikan nila dan juga kandungan gizi pada ikan nila ini sangat beragam, diantaranya:

1. Mempunyai kandungan protein


Sudah tidak diragukan lagi, bahwa semua jenis ikan mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Walaupun tidak sebanyak kandungan protein pada ikan laut, kprotein pada ikan nila ini mampu mencukupi kebutuhan protein tubuh per harinya.
Protein itu sendiri mempunyai peranan penting dalam tubuh, seperti:
§  Meningkatkan massa otot
§  Menjaga ketahanan tubuh
§  Meningkatkan kesehatan otot
§  Menjaga daya tahan dan stamina tubuh

2. Mencerdaskan otak

Kandungan omega 3 pada ikan nila ini juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan sel sel otak, sehingga membantu tingkat perkembangan kecerdasan anak. Selain omega 3, ikan nila juga mengandung kalium. Yang mana kalium ini berperan penting dalam meningkatkan sirkulasi oksigenasi pada otak.
3. Meningkatkan kesehatan tulang

Ikan nila juga mengandung fosfor yang membantu menjaga kesehatan tulang. Kebutuhan fosfor yang tercukupi akan meminimalkan resiko terjadinya osteoporosis.

4. Menjaga kesehatan gigi

Selain menjaga dan menguatkan tulang, fosfor juga membantu menjaga kekuatan dan kesehatan gigi. Fosfor menguatkan dan mencegah agar gigi tidak rapuh dan berlubang.

5. Meningkatkan kecerdasan kognitif

Walaupun tidak setinggi jenis ikan yang lain, namun kalium yang terkandung dalam ikan tuna ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

6. Mengandung vitamin B3

Dalam ikan nila ini juga mengandung vitamin B3 yang sangat penting untuk tubuh. Manfaat vitamin B3 itu sendiri antara lain:
§  Menguraikan energi pada makanan
§  Mencegah kram dan kejang pada otot
§  Mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan
§  Meningkatkan daya tahan dan ketahanan tubuh terhadap penyakit

7. Mengandung vitamin B12 atau B komplek

Manfaat dari vitamin B kompleks ini antara lain:
  • Membantu dalam proses pemecahan sel tubuh
  •  Membantu proses pembentukan sel sel dara merah
  •  Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mencegah terjadinya anemia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang, terimakasih sudah berkunjung.
Mohon gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Jika ingin minta data postingan ini, silahkan chat pada kolom yang disediakan.

Terimakasih

Popular Posts

Definition List

Unordered List

Support